Bagi sebagian orang, akan menganggap bahwa SEO merupakan teknik untuk mengoptimasi website supaya bisa menduduki ranking teratas, seperti di Featured Snippet atau berada di AI Overview dari fitur terbaru Search Generative Experience-nya Google. Kalau pun tidak mampu yang paling atas, at least bisa berada di ranking 2-5 di mesin pencarian. Namun, faktanya SEO bukan hanya sekedar mencapai ranking.
Selain itu, yang perlu diketahui juga dari pekerjaan SEO adalah bukan hanya soal mengoptimasi kata kunci, artikel, dan mendesain website. Lebih dari itu, seorang praktisi SEO harus memiliki kemampuan memahami dan mengelaborasi tujuan bisnis dan target audiens. Belum lagi, seorang SEO harus selalu siap dengan dinamika algoritma mesin pencarian.
Ditambah, ketatnya persaingan antar website dan bisnis, dimana para pesaing –yang mungkin memiliki sumber daya yang lebih besar– sehingga mereka dapat memainkan lebih banyak strategi –entah black-hat SEO atau white-hat SEO– untuk memenangkan persaingan.
Saat berbicara SEO, artinya kita sedang berbicara seni pemasaran yang berada di ruang lingkup digital. SEO adalah salah satu saluran pemasaran digital yang bersanding dengan saluran pemasaran digital lainnya, seperti sosial media, periklanan, email marketing, dan lainnya, dengan peran dan platform-nya masing-masing.
Maka dari itu, SEO sama seperti saluran pemasaran digital lainnya, yakni untuk membantu memaksimalkan aktivitas pemasaran dengan cara meningkatkan eksposur brand dan produk melalui mesin pencarian. Supaya dapat mencapai eksposur yang bagus, pastinya juga harus mampu mendatangkan lebih banyak traffic lewat kata kunci yang potensial dan relevan.
Tujuan utamanya juga tidak jauh-jauh, sudah pasti bertujuan untuk menjadikan brand lebih dikenal dan dipercaya oleh target konsumen secara luas, dengan membangun otoritas website sesuai dengan niche bisnis. Ketika hal tesebut telah tercapai, pada akhirnya tentu akan membantu bisnis menghasilkan lebih banyak konversi dalam rangka meningkatkan revenue.
Dengan mindset yang selalu berorientasi pada tujuan bisnis, maka akan membuat kita tidak lagi menjadikan ranking sebagai tujuan, melainkan kita akan terus berusaha menjadikan SEO sebagai jembatan yang efektif, efisien, dan berkelanjutan bagi bisnis untuk mencapai tujuannya.